Konsultasi Pengobatan
HIV/AIDS dan Kecanduan Narkoba
Hotline: 087878821248
SMS (021)9346.1965 - 081385386583
Home » , , , , , , , , , , » LEZAT BERKHASIAT Tumis Daun Mengkudu

LEZAT BERKHASIAT Tumis Daun Mengkudu

Written By Blogs owner SidikRizal on Minggu, 25 Januari 2015 | 05.45

Banyak sajian lezat yang bisa dihadirkan dari daun mengkudu yang tebal dan lembut halus ini. Meskipun rasanya pahit, tapi ternyata ada juga beberapa restoran di Betawi yang menyajikan sajian seperti Nasi Goreng Daun Mengkudu, atau Tumis Daun Mengkudu.

Bahkan di Aceh Darussalam, sajian olahan sayur daun mengkudu merupakan sajian wajib di bulan puasa, karena di samping khasiat yang melimpah bagi kesehatan, ternyata daun mengkudu memang lezat untuk dinikmati sebagai tumisan dan sayuran.

Berikut ini penulis menyajikan resep sederhana untuk tumisan berbahan daun mengkudu dan tak lupa saya lampirkan pula manfaat dan khasiat apa yang ada dalam daun mengkudu.

Tumis Daun Mengkudu Teri
Resep olahan daun mengkudu yang khas dengan ikan teri.

BAHAN BAKU:
30 lembar (250 gr) daun mengkudu
3 sdm minyak goreng
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabe merah, belah memanjang
1/2 sendok terasi bakar, remas
2 batang sereh ambil putihnya, memarkan
4 lembar daun jeruk
2 papan pete, kupas
1 sdt garam
50 gr teri nasi, goreng

PEMBUATAN:
1. Cuci bersih daun mengkudu, iris kasar, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi bakar, serai dan daun jeruk hingga harum
3. Masukkan petai dan daun mengkudu. Aduk sebentar. Tambahkan garam dan teri nasi goreng. Aduk rata hingga semua bahan matang. Angkat dan sajikan.

KHASIAT DAUN MENGKUDU
Mengkudu adalah tanaman pengobatan alternatif yang kini lebih dikenal dengan sebutan Noni. Mengkudu mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini bisa tumbuh di tinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Tanaman Noni tumbuh hingga 8 meter dengan daun lebar-lebar dan mempunyai bunga putih. Buah mengkudu ketika masih muda berwarna hijau dengan bintikan hitam sekujur buahnya, kalau sudah tua atau matang akan berwarna kuning atau putih, warna putih buah mengkudu menandakan buah ini siap dinikmati atau dibuat jus.

Setelah mengetahui manfaat buah mengkudu, kini mari kita lihat apa saja manfaat daun dari pohon mengkudu ini.

Daun mengkudu bermanfaat sebagai makanan yaitu pengganti sayuran, juga bermanfaat untuk melawan perut kembung pada anak-anak, serta bermanfaat Mengobati ambeien.

Bagi kecantikan daun mengkudu juga mempunyai manfaat. Diantaranya yaitu untuk mengobati jerawat dan untuk melangsingkan tubuh.

Namun demikian, mengkudu lebih dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan. Biasanya untuk kesehatan, para herbalis membuat jamu mengkudu yang mampu untuk menyembuhkan penyakit kuning, peradangan limpa, peradangan hati, serta dapat membantu membuang cairan-cairan empedu dan menghilangkan kolesterol yang berlebihan, dan mempunyai beragam manfaat kesehatan lainnya.

Demikianlah manfaat daun mengkudu dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan, sehingga dengan mengetahui info ini maka kita lebih semangat dan tidak takut dalam mengkonsumsi buah mengkudu.

sumber: ManfaatDaun

0 comments:


Dr. OZ Indonesia

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. KlinikHerbalis.- - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger