Prof Hembing Tutup Usia

PAKAR terapi kesehatan herbal Prof Hembing Wijayakusuma, meninggal dunia pada Senin (8/8) sekitar pukul 01.30. Ayah satu putri dan dua putra ini meninggal pada usia 71 tahun di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Siaran pers The Hembing Center menyatakan, pria kelahiran Medan ini telah dimakamkan di Cibubur, Jakarta Timur, kemarin siang. Dalam bukunya yang terkenal, Hidup Sehat Cara Hembing, dia memaparkan aneka tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan sebagai terapi kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga terapi kanker.

Alumni Chinese Medical Institute-Chinese Pharmacology and Acupuncture ini aktif di dunia pendidikan sejak 1975. Awalnya Ia diangkat sebagai penasihat di almamaternya, lalu beralih menjadi penasihat konsultan pada Journal of Kyoto Pain Control Institute Jepang pada tahun 1975.

Hembing lantas menjabat sebagai Wakil Presiden World Academy Society of Acupuncture Korea Selatan pada tahun yang sama. Sejak Universitas Bung Karno Diresmikan, Hembing diangkat sebagai dewan kurator dan senat guru besar oleh Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno Rachmawati Soekarnoputri.

Dedikasi putra pasangan HS Chong dan Kuan Lie Thau ini pada naturopati membuahkan sejumlah penghargaan. Pada 1987, Hembing mendapat penghargaan dari Academician of Merit Award dari Lembaga International Dag Hammerskjold dan Diplomatic Academy of Peace dari Malaga, Spanyol.

Dari dalam negeri, pengabdian Hembing diakui pemerintah lewat penghargaan Bintang Jasa Utama dan tanda jasa dari Menteri Lingkungan Hidup atas upayanya menggunakan tanaman obat sebagai pengobatan tradisional. Total penghargaan yang dikumpulkan Hembing mencapai 30 buah, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (wan)

Post a Comment

Silakan Anda tuliskan pesan untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi di dalam blogs ini dengan mencantumkan e-mail, no telp, no HP atau akun Facebook dan Twitter Anda. Kontak kami di wa.me/+6281283745364 atau Call & SMS ke 0812.8037.6532

أحدث أقدم